Beranda | Artikel
Memperhatikan Orang-Orang Yang Sudah Meninggal
Senin, 12 Juli 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Ali Nur

Memperhatikan Orang-Orang Yang Sudah Meninggal merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Al-Qiyamah Ash-Shughra yang disampaikan oleh Ustadz Ali Nur, Lc. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 2 Dzulhijjah 1442 H / 12 Juli 2021 M.

Kajian Tentang Memperhatikan Orang-Orang Yang Sudah Meninggal

Apa yang sudah kita bahas, yaitu bagaimana Allah Subhanahu wa Ta’ala dan RasulNya Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menjelaskan tentang kematian dan sakaratul maut, tentang kondisi alam kubur yang sangat mengerikan, tentunya bagi seorang yang berakal akan menjadikan hal itu sebagai pelajaran.

Ketika ditanyakan kepada salah seorang Az-Zuhhad (Arab: الزُّهَّاد) tentang peringatan yang paling dahsyat terhadap manusia, maka dia menjawab:

النظَر إلى الأموات

“Memperhatikan orang-orang yang sudah mati.”

Karena ketika kita memperhatikan jenazah, tidak jarang bahwa orang yang meninggal adalah orang yang sebelumnya sehat, bahkan kematiannya itu tiba-tiba. Maka siapapun kita, apapun jabatan kita, sekaya apapun kita, ketahuilah bahwa kematian menunggu kita dan sama kondisinya antara seorang pejabat yang mati dengan seorang rakyat jelata yang mati. Sama-sama kafankan dengan kain yang sama, sama-sama dikebumikan dengan tanah yang sama.

Oleh karena itu seharusnya kematian ini merupakan peringatan yang luar biasa bagi setiap orang-orang yang berakal. Jangan sampai dunia dan kemewahan yang dia raih membuat lupa daratan. Jangan sampai jabatan tinggi yang telah diraih membuat dia mudah mendzalimi orang-orang lain. Ketahuilah kematian tetap menghantui kita semua, siapapun kita semua.

Imam Al-Qurthubi berkata:

اعلم أن الموت هو الخطب الأفظع ، والأمر الأشنع ، والكأس الذي طعمهما أكره وأبشع ، وأنه الأهذم للذات ، والأقطع للراحات ، والأجلب للكريهات ، فإن أمراً يقطع أوصالك ، ويفرق أعضاءك ، ويهدم أركانك ، لهو الأمر الفظيع ، والخطب الجسيم ، وإن يومه لهو اليوم العظيم

“Ketahuilah bahwasanya kematian merupakan perkara yang sangat menakutkan, dan sangat mengerikan, dan kematian merupakan minuman yang sangat busuk dan sangat tidak enak. Sesungguhnya kematian menghancurkan semua kelezatan manusia, dan pemutus segala kesenangan, dan yang mendatangkan banyak kesedihan. Kematian merupakan perkara yang dapat memutus urat-uratmu, dan dapat mencerai-beraikan ototmu, dan dapat meluluhlantahkan tubuhmu. Sungguh kematian merupakan peristiwa yang sangat mengerikan, peringatan yang sangat dahsyat dan keras. Sesungguhnya hari disaat manusia kedatangan kematian merupakan hari yang sangat dahsyat.”

Oleh karena itu hanya orang-orang yang berakallah yang bisa menjadikan kematian sebagai pelajaran. Seorang harus berupaya untuk mempersiapkan diri menyongsong kematian.

Bagaimana pembahasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian yang sangat bermanfaat ini.

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/50382-memperhatikan-orang-orang-yang-sudah-meninggal/